Selasa, 16 Januari 2018

Beberapa Kumpulan Fauna Langkah Yang Ada Di Indonesia

Beberapa Kumpulan Fauna Langkah Yang Ada Di Indonesia


- Fauna Indonesia di Bagian Barat
Sapta Fauna - Fauna Indonesia area Barat atau model asiatis meliputi lokasi Sumatra, Jawa, Bali, serta Kalimantan. Mamalia memiliki ukuran besar banyak didapati di lokasi ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi rimba, orang utan, monyet, bekantan, dll. Di samping mamalia, di lokasi ini banyak juga didapati reptil seperti ular, buaya, tokek, kadal, tokek, biawak, bunglon, kura-kura, serta trenggiling. Beragam tipe burung yang bisa didapati seperti burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, serta beragam jenis unggas. Beragam jenis ikan air tawar seperti pesut (semacam lumba-lumba di Sungai Mahakam) bisa didapati di lokasi ini.

-Fauna Model Australia

WALABI

Walabi yaitu satu dari seputar tiga puluh spesies macropoda (Familia Macropodidae) . Binatang ini adalah sinyal informal yang umumnya dipakai macropoda manapun yang lebih kecil dari pada kangguru atau walaroo yang belum juga di beri sebagian nama beda.
Walabi penghuni rimba yang begitu kecil dikanal jadi pademelon (genus Thylogale) serta dorcopsises (genera Dorcopsis serta Dorcopsulus) . Nama walabi keluar dari Suku Aborogin Eora yang disebut penghuni asli daerah Sydney. Walabi muda di kenal jadi “joey”, seperti banyak marsupialia beda.

KANGURU POHON
Ada lima tipe kanguru pohon yang hidup di hutan-hutan Papua. Lima tipe kanguru pohon itu yaitu kanguru pohon wakera (Dendrologus inustus) , kanguru pohon mbasio (Dendrologus mbasio) , kanguru pohon nemena (Dendrologus ursinus) , kanguru pohon ndomea (Dendrologus dorianus) , serta kanguru pohon hias (Dendrologus goodfellowi) . Seperti kanguru di Australia, kanguru pohon yaitu tipe mamalia berkantong. Bedanya, kanguru australia hidup di daratan, kanguru pohon hidup diatas pohon. Di semua sebaran mereka, kanguru banyak diburu utk bulu serta sumber makanan. Oleh karena itu jumlahnya alami penurunan.

KASUARI
Kasuari termasuk juga tipe burung raksasa. Tinggi burung ini dapat meraih 100–180 sentimeter serta beratnya dapat 60 kg. Burung ini mempunyai kaki yang kuat sampai bisa menggoyang sebatang pohon serta menjatuhkan buahnya. Burung ini tidak bisa terbang namun bisa lari secara cepat. Burung ini menjaga diri dengan menyepak lawan, termasuk juga manusia. Dengan kaki yang kuat serta kuku setajam pisau belati pada bagian dalam jari bisa mengakibatkan luka yang mematikan. Keberadaan burung ini begitu terancam karena perburuan. Terkecuali digunakan dagingnya, tulang kasuari bisa diukir jadi senjata tradisionil.

LANDAK PAPUA (NOKDIAK NATA FEM)
Nokdiak dalam bhs Yunani bermakna lidah yang besar. Fauna ini benar-benar aneh karna walau termasuk juga keluarga mamalia, namun perkembangbiakannya dengan bertelur. Badan mamalia ini dipenuhi duri-duri seperti landak namun pendek. Berat badan mamalia ini dapat meraih 16 kg. Rumahnya di rimba tinggi berlumut serta makanan terutama cacing. Hewan ini tidak sering kelihatan serta biasanya susah utk di tangkap.

BURUNG CENDRAWASIH
Keindahan burung ini tidak bisa disingkapkan dengan kalimat. Bulunya begitu gemerlap dengan macam-macam warna mencolok. Sebagian nama Latin burung ini yaitu paradisaea yang bermakna surga. Cenderawasih yang berada di Indonesia mencakup 30 tipe. Dari jumlah itu, 28 tipe hidup di hutanhutan Papua serta dua tipe menebar di Kepulauan Maluku. Sebagian cenderawasih yang populer yaitu cenderawasih merah (Paradisaea rubra) , cenderawasih biru (Paradisaea rodolphi) , cenderawasih kecil (Paradisaea minor) , cenderawasih ragiana (Paradisaea ragginana) , cenderawasih raja (Cicinnurus regius) , cenderawasih magnificent (Cicinnurus magnificus) , cenderawasih botak (Cicinnurus respublica) , cenderawasih dua belas kawat (Seleucidis melanoleuca) , serta cenderawasih superba (Pophorina superba) . Karena keindahannya, burung ini banyak diburu sampai meneror kelestariannya.

KUSKUS
Kuskus adalah keluarga possum yakni hewan berkantong unik Australia. Sebagian salah satunya sudah menyeberang melalui Garis Weber serta berdiam di Sulawesi. Papua adalah tempat yang sesuai sama utk kehidupan kuskus. Kuskus begitu terancam kelestariannya karna diburu utk di ambil bulunya serta diperjualbelikan jadi binatang piaraan. Sebagian kuskus yang diburu di antaranya tipe mandorman niduk (Pseudochirops cupreus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar